Sabtu, 27 Juni 2015

Kurangi Penggunaan Plastik!!!




Tahu gak, kalo ternyata plastik adalah barang yang tidak dapat diuraikan dengan instan? Ternyata untuk menguraikan plastik itu butuh sekitar 450-1000 tahun lamanya.

Dengan membuang sampah plastik sembarangan, hal apa kira-kira yang akan terjadi? Sampah itu tidak akan terurai dan merusak ekosistem yang ada jika sudah terlalu banyak, apalagi kalau sampah itu dibuang ke sungai.

Tidak hanya itu saja, botol plastik yang kita gunakan terus menerus juga berbahaya loh, karena tidak semua botol plastik dapat digunakan kembali.

Botol plastik yang digunakan secara terus menerus akan mengakibatkan beberapa efek negatif pada hormon tubuh, apalagi ketika botol tersebut berada di kondisi panas, contohnya, gangguan perilaku, menurunkan daya tahan tubuh,pubertas dini pada anak perempuan, masalah kesuburan, gangguan belajar., diabetes, obesitas, kanker prostat dan payudara. Nah sudah tahu kan bahayanya?

Botol plastik yang aman digunakan adalah yang memiliki kode nomor 2,4,5, dimana kode tersebut dapat dilihat pada bagian bawah botol.

Kita sebagai orang Indonesia, perlu memahami hal ini. Tetapi tidak cukup memahami saja loh, kita perlu menyebarkan informasi penting ini kepada warga yang lain. Kebanyakan memang dari kita sudah mengetahui tentang buang sampah, tetapi apakah warga di pinggiran sungai mengetahui pentingnya hal tersebut? Mereka terkadang tidak sadar akan bahaya dari tindakan yang mereka lakukan.

Tidak hanya warga di pinggiran sungai. Kita juga kadang menggunakan plastik dan kamu tidak sadar berapa plastik yang sudah kamu gunakan. Plastik yang sudah bolong akan sulit untuk digunakan kembali, sehingga pilihannya adalah dibuang, hingga akhirnya plastik tersebut menjadi berbahaya untuk lingkungan. Lalu sebagai pemuda, bagaimana kita mengatasi hal ini?

Ketika kamu berbelanja, kamu bisa membawa reusable bag. Kamu bisa menerapkannya dengan membawa Reusable bag setiap kali ingin berbelanja dan simpan kembali kantong tersebut.

Daur ulang kembali plastik bekas untuk menciptakan kerajinan tangan. Hal ini juga bisa kamu ajarkan kepada ibu-ibu untuk mengolah sampah plastiknya agar terpisah dari sampah dapur.


Buanglah sampah pada kotak yang sesuai, kamu sudah tahu hal ini?  Biasanya, di tempat umum, ada 3 macam kotak sampah, yang hijau untuk sampah organik, yang kuning untuk anorganik dan merah untuk sampah kimia berbahaya.

Nah itu tadi cara mengurangi penggunaan plastik. Yuk mulai sekarang kita kurangi penggunaan kantong plastik untuk masa depan anak cucu kita nanti.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;