Sabtu, 27 Juni 2015

Tips Membuat CV yang Tepat

Apa sih singkatan atau pengertian dari CV?  CV biasa disebut Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya. Di beberapa negara, suatu CV biasanya merupakan hal utama yang dijumpai pencari kerja dan sering digunakan untuk menyaring orang - orang yang melamar kerja ketika mencari pekerjaan, biasanya dilanjutkan dengan wawancara.

Setelah Saya mengulik dari google atau dari beberapa web akhirnya Saya simpulkan cara membuat CV yang benar, baik, dan kreatif.

Nah, berikut beberapa tips membuat CV yang tepat:

- Selalu tulis nama lengkap, alamat lengkap, nomor telpon yang mudah untuk dihubungi, dan email.
- Foto: pas foto. Pakai jas dan dasi kalau perlu.
- Email: jangan cantique@gmail.com atau keren1990@yahoo.com. You have to take this seriously! Nama lengkap. Kalau nama/nama lengkap kamu ternyata sudah ngga available boleh pake tahun lahir atau tanggal lahir, contoh: haryantyo.hanif23@gmail.com.
- Untuk fresh graduate, tulis mata kuliah yang related dengan posisi atau industri yang ingin kamu apply. Misal kamu apply ke banking di bagian akunting, maka tulis nama mata kuliah yang pernah kamu ambil di kampus: (misal) Akuntansi Dasar.
- Kalau kamu sudah pernah kerja, tulis: Accomplishments! Ini lebih penting daripada Job Descriptions!

Untuk fresh graduate, cukup 1 lembar CV. Maksimum 2 lembar.
Untuk yang sudah berpengalaman 5 tahun - 10 tahun, buat maksimum 2 lembar.
Untuk yang sudah punya pengalaman 10 tahun ke atas, buat maksimum 3 lembar.


Ingat, CV yang baik tidak menjamin Anda akan dapat kerja. Inilah beberapa CV yang di minati oleh HR

1. Cover Letter yang baik (men-summarize CV) akan membuat HR mau membaca CV terlampir
2. CV yang baik dan kreatif  akan membuat HR ingin menggali lebih lanjut si pemilik CV, alias akan terjadi pemanggilan interview
3. Interview yang baik baru akan membuat si applicants mendapat tawaran kerja.


Tips terakhir dari saya untuk membuat CV yang tepat: buatlah secara teliti, jangan sampai ada typo (salah ketik) dan jangan sampai hurufnya besar kecil + hurufnya diganti dengan angka (SepERT1 In1 C0nt0hnY4)!!! , dan take your time. Jangan terburu-buru. Kenapa? Karena CV ini akan membantu Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;