Minggu, 05 Oktober 2014

Melihat, Membaca dan Memanfaatkan Peluang pasar

Peluang pasar adalah suatu bidang kebutuhan pembeli dimana perusahaan dapat beroperasi dan 


Peluang pasar adalah suatu bidang kebutuhan pembeli dimana perusahaan dapat beroperasi dan menghasilkan keuntungan. Untuk mendapatkan peluang pasar tersebut kita perlu mengetahui bagaimana cara melihat, membacanya sehingga kita dapat memanfaatkan peluang pasar perekonomian

A.    Melihat peluang pasar perekonomian

Hal-hal berikut ini akan menjadi hal terpenting bagi kita dalam melihat peluang pasar perekonomian. Hal tersebut dinilai penting karena bila kita tidak dapat melihat peluang pasar maka akan sangat sulit untuk membuat usaha kita berhasil. Beberapa hal tersebut, seperti:
1.    Jenis usaha
Untuk memulai usaha kita perlu menentukan jenis usaha yang ingin kita ambil dapat berdasarkan intuisi, obsesi, atau cita-cita kita atau berdasarkan apa yang sedang berkembang dan disukai oleh masyarakat banyak. Apabila jenis usaha kita berdasarkan cita-cita atau intuisi kita maka perlu adanya banyak pertimbangan agar usaha kita dapat menjadi suatu usaha yang unik dan berbeda dari yang umumnya ada.
2.    Produk
Produk yang kita ambil haruslah sangat berhati-hati dan kita kaji baik-baik agar dapat mendapatkan keuntungan yang semaksimal mungkin dari setiap produk yang terjual.
3.    Target pasar/konsumen
Target pasar ini sangatlah penting karena bila kita salah dalam membuat keputusan memilih produk yang tidak sesuai dengan target pasar kita maka sangatlah sulit untuk menjual produk-produk kita.
4.    Lingkungan
Produk kita akan terjual dengan cepat jika kita memilih lokasi yang tepat dimana produk itu sangatlah dibutuhkan atau memiliki tingkat permintaan yang tinggi, hal tersebut dapat terjadi baik di dalam maupun luar negeri (ekspor).
Kemudian yang terpenting juga kita harus melihat di lokasi sekitar kita apakah ada usaha serupa yang dapat menyebabkan kita dapat bersaing atau tidaknya dengan usaha yang sudah ada tersebut.

B.    Membaca peluang pasar

Ide bisnis atau untuk memulai usaha ada di sekitar kita, dengan kita melihat peluang pasar maka kita perlu untuk membaca peluang pasar lewat analisa yang cermat terhadap tren pasar dan kebutuhan konsumen dari apa yang telah kita lihat. Bagaimana cara membaca peluang pasar tersebut? Akan dijelaskan berikut ini:
1.    Mengenali bakat atau keterampilan yang kita miliki.
Apabila kita memiliki atau suatu bakat keterampilan tertentu untuk menjadi dasar dari bisnis yang menguntungkan tidak ada salahnya untuk memulai bisnis tersebut karena hal tersebut sudah berada dalam penguasaan kita. Atau kita perlu lebih membaca peluang pasar dengan keterampilan yang kita miliki apakah akan ada konsumen yang bersedia membayar produk atau jasa yang kita miliki tersebut.
2.    Trendsetter atau apa yang sedang menjadi mode saat ini.
Membaca peluang pasar lewat tren yang ada saat ini misalnya lewat berita atau televisi maupun media cetak sangatlah baik agar kita dapat memulai usaha kita dengan tepat. Dan lebih baik lagi apabila kita dapat membaca tren tersebut dan menjadikannya suatu inovasi baru dan tidak biasa sehingga menjadi tren usaha baru baik produk maupun jasa.
3.    Menambahkan nilai produk yang sudah ada.
Dengan kita membaca peluang pasar yang ada lewat produk yang sudah ada maka kita dapat mengembangkan produk tersebut sehingga nilai dari produk tersebut akan bertambah, dan tidak dapat dipungkiri usaha kita akan menjadi sukses.
4.    Penelitian pasar
Penelitian pasar merupakan hal terpenting dalam membaca peluang pasar untuk memulai jenis usaha yang membutuhkan investasi yang cukup besar.

C.    Memanfaatkan peluang pasar

Banyak yang mengatakan peluang adalah emas, dan hal tersebut bukanlah sesuatu yang hanya ucapan. Hal tersebut merupakan hal penting karena peluang yang kita sia-siakan akanlah sangat merugikan selain kita melewatkan kesempatan untuk meraup keuntungan kita juga dapat ketinggalan dari orang-orang yang segera akan mengetaui juga peluang tersebut.
Kebanyakan orang tidak meninggalkan peluang itu begitu saja tetapi justru tidak menyadari atau tidak tahu bagaimana memanfaatkan peluang tersebut. Hal tersebut yang dapat membuat seseorang kehilangan sebuah peluang yang seringkali dibilang peluang emas. Peluang berarti juga pasar. Jika seseorang ingin berhasil, terutama bagi entepreneur, mereka harus dapat dengan jeli memanfaatkan peluang tersebut dan membuat keputusan yang tepat agar dapat memenangkan persaingan di pasar perekonomian yang bergerak dengan sangat cepat ini.
Untuk dapat memanfaatkan peluang tersebut maka ada hal-hal yang perlu dilakukan, seperti:
1.    Melakukan riset pasar
2.    Mempersiapkan dan menyusun rencana
3.    Patuh terhadap aturan
4.    Strategi pemasaran yang tepat sasaran.
Setelah hal-hal tersebut telah kita lakukan maka kita tinggal mempraktekannya. Dan terakhir yang terpenting untuk memanfaatkan peluang pasar ini tidak akan lepas dari bagaimana cara kita membaca dan melihat peluang pasar itu sendiri. Ketiga hal tersebut akan berkaitan untuk membantu kita sukses dalam pasar perekonomian saat ini.

Sumber
1.    http://www.wirausahawanonline.com/cara-melihat-peluang-usaha.html
2.    http://widyakartika.ac.id/site/cerdik-memanfaatkan-peluang/
3.    http://www.tipsmu-tipsku.com/2012/09/cara-menemukan-peluang-usaha.html
4.    http://cara-wirausaha.blogspot.com/2011/04/cara-memanfaatkan-peluang-usaha.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
;